Fixed and Growth Mindset? being 15 is ok; I hate fisika

So ini adalah lanjutan dari post sebelumnya, yg 15 is ok, welcoming my 16 time. Topiknya masih sama yaitu hal yg gue alami pada usia 15 taun yg pngen gue ketik. Ya bisa dibilang ini topik yg tertinggal dan baru aja inget skrng. Langsung aja ini ttg Growth and Fixed Mindset.
Ok for the rest of my life, I just realize that I am stuck in the Fixed Mindset. I always see thing from a narrow perspective. Dan the thing yg gue maksud disini adalah kemampuan sesorang. Gue, dulu,  selalu menilai bahwa orang pinter mau belajar gak belajar bakal pinter dan orang bodoh(kek gue) mau belajar gmn pun bakal tetep gak bisa. Sbnrnya gak gitu jg si maksudnya. Hm gini, menurut gue (dulu ya ini pemikiran gue dulu) orang yg sudah tercap atau berlabel “pintar” dlm suatu hal bakal selalu pintar, mau dia enggak belajar dia pasti bakal terus pintar, contohnya, anak yg selalu menjadi juara di kelas, entah 1 2 3, gue selalu beranggapan bahwa mereka udah pinter mau gmn jg bakal terus begitu. Dan utk anak yg berlabel “di bawah standar” mereka bakal tetep begitu. Contohnya, anak yg tidak pernah menjadi juara di kelas. Mereka tercap sebagai anak yg “kemampuannya kurang”.  Atau anak yg nilai fisikanya selalu di bawah standar (gue) bakal selalu dibawah standar. Intinya, mereka tidak akan pernah keluar dari label mereka. Hampir semua orang yg gue kenal terjebak dlm mindset ini. Dan hal ini yg ngebuat sulit utk keluar dari mindset ini karna kita hidup dlm pemikiran yg tertutup ini. Tidak ada yg bisa disalahkan, karna lingkungan kita lah yg ngebentuk pola fikir spt ini. Oke gue mulai sok tau tapi gue bener2 ngerasain perbedaan when I was in the Fixed Mindset between Mindset that I still wanna change to the Growth Mindset. Literally different.

Since I was esde ‘til I am now, I always fail on my math test, physic test, and chemistry test. Eventho gue udh belajar (yg menurut gue) keras, nilai gue selalu dibawah standar. Dan itu membuat gue jatuh lebih dalam lagi ke Fixed Mindset. Knp ini terjadi? Ya karna gue bego. Gue bego dlm menilai sesuatu. Gue terus menaruh fikiran bahwa gue gaada bakat dlm fisika atopun matem atopun kimia. Padahal emng bnr si :V. Gak2. Bukan itu permasalahannya. Problematikanya adalah ; gue menutup diri gue sendiri utk berkembang biak. I banned my own self, my own brain, to not doing it well. It is bcs, I was a Fixed Mindset-ed. That is Fixed Mindset. Pikiran yg tertutup. Ngerti? Kagak. Ok. Jadi Fixed Mindset ini merupakan pola fikir yg tertutup. Pola fikir yg hanya terjebak dlm satu label dan tidak ingin dikembangkan. Spt contoh2 yg gue blg tadi. Dan sebelumnya, kagak ada org bodoh di dunia ini. Yg ada hanya org yg hanya ingin menetap dlm satu label saja dan org yg ingin berkembang. Cliche? Yes it is.

 Jadi basically, semua org punya kemampuan utk melakukan sesutau, and it depends on kemauan dan mindset. Keduanya sama2 penting, tapi, mostly org2 hanya menganggap kemauan, kemampuan dan bakat sebagai syarat utk dpt melakukan sesuatu. Orang yg terjebak dlm Fixed Mindset biasanya, bukan biasanya, pasti tidak ingin mengembangkan kemampuannya (gampang mrasa puas). Kalo daritadi gue ngambil contoh Fixed Mindset yg (merasa) kemampuannya kurang, tentu saja ada Fixed Mindset yg (merasa) sudah mampu. Dan org2 spt ini kemampuannya psti segitu2 aja. Contohnya, org yg sudah merasa dirinya menguasai bhs inggris, kemampuannya ya segitu2 aja. Vocab tdk bertambah maupun berkurang, dan grammar yg tidak berkembang. Org2 spt ini biasanya kemampuannya dari dulu sampek srkng sama, ya karna mereka tdk ingin mengembangkannya lagi. They have no curiosity. They will close their mind to not wanna know anything else. For them, they had have enough knowledge about it.  

Dari penjelasan sok tau gue ttg Fixed Mindset, otomatis pada tau kan Growth Mindset? Gampang aja tinggal dibalik. Iya, gitu artinya. Kalo kalian merupakan org yg growth mindset yaudah ya yaudah. Fyi deh Growth Mindset itu ya mindset yg bakal terus berkembang. Org2 dgn mindset ini gakakan melabel dirinya sendiri dgn satu label, tapi terus mengembangkannya. Contohnya, org yg tertarik dlm bidang kimia gak selamnya hidupnya ttg rumus atau angka atau apalah gue jg gaktau, mereka jg bisa mengembangkan kemampuannya dlm seni musik. Itu org yg memiliki growth mindset. Mereka gak akan terus terjebak dlm label ‘kimia’. Biasanya, org2 bakal berfikir “kalo bidangnya udh kimia ya gak mungkin bisa seni lah” ini tipikal org2 bermindset fixed. Nah bagi yg masih terjebak dlm Fixed Mindset, no need to worry, tidak ada kata terlambat utk menjadi lebih baik. Seenggaknya kalian mau berubah. Ok feeling gue ini post gak guna sbnrnya ya jujur aja susah jelasinnya. Gue jg baru tau ttg hal ini awal2 menjadi kls 11 aka sekitar 6 bln yg lalu. Jadi intinya adalah ;

Jangan terjebak dlm satu label

Ya itu gue ketik dgn kalimat bold yg dimiringkan dan digaris bawahi.

Nah knp gue (sok) tau ttg hal ini? Semua karna ulangan fisika. Ya suatu hari, gue belajar fisika dgn (menurut gue) agak keras. Karna bsknya ulngn. Gue bener2 pasrah dgn diri gue. Sampek akhirnya gue dgn begonya tapi membawa keberuntungan jg, gue iseng ngetik di gugel “kenapa anak bodoh” bego kan? Enggk jg. Gue penasaran gitu sama diri gue sendiri knp gue udh bljr tapi tetep aja begini. Dan isinya kebanyakan blsht. Sebagian besar begini “anak itu tidak ada yg bodoh, yg ada hanya anak yg tidak mau belajar”. Blsht kan ya? Gua bljr sempak kuda(!). it didn’t make me any better. Jadi gue kept scrolling dan akhirnya nemu blog yg omg bnr2 guna bgt. Yap, its about Fixed and Growth Mindset. Gue baca sampek bawah dan wao.

It’s really helpful buat yg merasa dirinya selalu kurang maupun buat yg ngerasa udah memiliki kemampuan yg cukup. Dan sebenernya, walopun gue udh mulai merubah mindset gue, gue tetp aja gak tertarik dgn matematika, fisika, ataupun kimia. Knp? Krn aku syg kamu Ya karna gue gak tertarik sm hal2 begituan. At least pas ulgn gue (astungkara) lancar aja si.
So far karna tau ttg kedua jenis mindset ini, gue udh gak terbebani lagi dgn pikiran “knp gue bego”.  Tapi gue gak akan pernah suka belajar fisika ataupun matem ataupun kimia. Tapi sebagai individu yg berstatus pelajar aka siswa aka siswi aka murid, gue harus belajar.
Thankyou zeus.net for the super amazing knowledge.


Itu aja post ke-sok-tau-an gue yg-(semoga)-berguna-demi-nusa-dan-bangsa ttg mindset2 ini. Bhy, hlavya.

ps: gue tetep gaksuka fisika, dkk.

Comments

  1. Dan berkat km pikiranku jdi berubah wkwkwk :"v thanks this one's very useful and cool :V

    ReplyDelete

Post a Comment