Orang-orang Biasa oleh Andrea Hirata // Buku

"Mereka yang ingin belajar, tak bisa diusir. Kupersembahkan untuk Putri Belianti, anak miskin yang cerdas dan kegagalan yang getir untuk masuk Fakultas Kedokteran, Universitas Bengkulu" -Andrea Hirata.


Karya-karyanya Andrea Hirata mungkin sudah ada dimana-mana ya, tapi novel ini adalah karya pertamanya yang aku baca. Pertama kali mencoba baca novel yang berbau 'kehidupan', biasanya aku baca novel romance dan hal-hal yang agak sadis heheheh. A good start with this novel! Untuk ceritanya, aku suka banget. Novel ini bercerita tentang sekumpulan orang desa yang, dalam cerita ini, dilabel 'orang-orang bodoh alias orang-orang biasa' merencanakan perampokan bank demi menyekolahkan seorang anak, Aini, ke Fakultas Kedokteran karena biayanya yang sangat tinggi. 



Penyusunan alurnya pintar banget, menurutku. Di setiap bab, pembaca diajak melihat sudut pandang dari dua kelompok manusia dalam novel, yaitu para polisi dan para orang-orang biasa itu secara bergantian. Banyak bagian dalam novel ini yang bkin aku ketawa. 

Ending dari novel nggak terduga dan sekali lagi, cerita yang pinter banget dalam penyusunannya dan bahasanya juga gampang dipahami. 

Worth to read! 


Comments

Post a Comment