SBMPTN 2018, Pengalaman Lintas Jurusan dengan Zenius dan Buku SKS

Halo semua, siapapun kalian, gua sebentar lagi akan melanjutkan jenjang kehidupan selanjutnya yang dari dulu sering gua imajinasikan, yap it is menikah kuliah. Puji Tuhan setelah masa-masa galau memilih jurusan kuliah alias prodi udah terlewati, saatnya gua mempersiapkan diri untuk SBMPTN.

Mumpung musim SBMPTN masih kerasa sampai sekarang dan gua selama ini suka banget baca kisah-kisah orang tentang mereka berjuang dalam SBMPTN,  I think it's time to make mine. 

Sebelum masuk ke inti post kali ini sesuai judul yang elo liat, enaknya gua mulai post ini dengan throwback dulu ya, let's take a look on 3 years ago:

Sekolah gua mengadakan tes psikotes sebagai acuan muridnya untuk di- tempatkan di kelas IPA, IPS, atau Bahasa. Orang tua gua memiliki mindset bahwa "anak IPA" otaknya lebih "encer", kalau seandainya  pun jurusan kuliah yang diincar nggak sesuai dengan jatah anak IPA, bakal lebih gampang belajarnya dari IPA ke IPS. Sebagai bocah yang nggak ada bayangan sama sekali mengenai perkuliahan, gua jawablah seluruh pertanyaan mengenai minat dengan jawaban se-sains mungkin. Di kolom cita-cita gua tulis "dokter" sesuai permintaan orang tua gua. Gua pun mengubur dalam-dalam minat gua yang sebenarnya. I got my parents' and my wishes; being a science student. Now that's where the problem began.

Guys, kawan-kawan, teman-teman, saudara-saudara, tindakan di atas adalah sebuah kesalahan fatal. 

Itu lah latar belakang kenapa gua bisa terjebak di jurusan IPA. Kenapa kesalahan fatal? Kebayang gimana rasanya tiga tahun belajar berapa ruang jantung kodok sementara elo ujian masuk PTN perlu tau pidatonya Soekarno? iya, sakit hati dan sakit otak luar biasa. 

Kalau dari awal udah belajar kodok, bebek, lumut, paku apalah yang IPA2an dan untuk SBMPTN prodi yang elo pilih masuk "gengnya" SAINTEK, begitu pun untuk anak IPS,  niscaya elo bisa lebih siap buat ujian ini. Tapi, kalo kasusnya kayak gua yang biasa disebut lintas jurusan (iya, gua pilih ujian SOSHUM) niscaya lo pengen cepat-cepat nikah.  Ya gak juga sih :     ) beban hidup lebih bertambah sih sepengalaman gua. Wong gua UN musti belajar IPA dan SBMPTN belajar IPS, kebelah dua otak gua rasanya. 


Gua memantapkan pilihan gua di psikologi "geng" SOSHUM di saat yang menurut gua udah mepet banget dengan SBMPTN. Gua pikirin dengan baik dan hati-hati, gua pikirin belajar di kelas aja otak gua rasanya mau meledak apalagi gua ujian pilih SAINTEK, otak ma pantat gua lama-lama ketuker tuh.  Tapi, gua terjun bebas ke SOSHUM nggak semata-mata untuk menghindari fisika dan kawan-kawannya doang. PTN yang gua targetin untuk prodi psikologi masuk di "geng"" SOSHUM sehingga psikologi "geng" SOSHUM was my final decision. 

Fenomena salah jurusan SMA memang wajar banget terjadi kok secara kita kan dari kelas 10 udah dituntut untuk memilih jurusan, padalah mah minat aja belum tau-tau banget dan bisa juga kasusnya karena faktor mindset seperti orang tua gua. Agar kesalahan mindset ini ngaak makin menjadi-jadi, yuk mari baca blog si Zenius yang mengupas habis mitos-mitos jurusan IPA dan IPS



Terus, gimana cara gua bisa bertahan hidup sebagai anak lintas jurusan?

Laptop + internet + Zenius + buku SKS

Kalau belum kenal sama Zenius,  yuk kenalan disini 
Kalau belum tau buku SKS, nanti gua kasi tau ya

Zenius yang paling berperan dalam menemani gua belajar IPS dari 0 ;) but buku SKS berjasa banget buat gua review materi, keduanya mantap.

Sebelum kenal mereka berdua, gua...

Beli buku SOSHUM The King
Untuk beli, jangan beli dulu deh, bahkan milih buku mana yang akan jadi teman gua dalam berjuang menghadapi SBMPTN aja gua galau loh. Gua masuk ke Gramedia, gua telusuri lorong buku anak SMA, dan gua baca satu per satu buku SBMPTN 2018 yang dipajang disana. Iya, satu per satu. Jujur gua sampai mual dan pusing. Milih buku doang ribet banget qa? iyap karena gua udah pengalaman beli buku pelajaran kunci jawaban yang nggak benar dan ******* (sensor). Buku itu harganya lumayan, beratnya pun lumayan. Belajar dari pengalaman, gua nggak langsung beli buku tsb dan tetap keliling baca berbagai spesies buku SBMPTN. 

Seorang pegawai datang menghampiri gua dengan menunjukkan buku yang lagi bestsellerDitunjukkan lah buku tsb, gua baca sebentar, dan si pegawai itu memantapkan gua banget dengan bilang "buku ini yang lagi banyak dicari". Entah itu strategi marketing, entah apa pun itu, gua beli buku itu dengan yakin karena gua udang nggak kuat berburu buku dengan mata sakit dan mual tak tertahankan, untungnya nggak sampai mules.



Buku ini berisi materi + latihan soal setiap bab masing-masing pelajaran dan empat paket prediksi soal setiap pelajaran. Jadinya gua ada bayangan sehorror apa SBMPTN itu benernya, sebelumnya gua nggak kebayang banget gimana soal-soal SBMPTN. 


Tapi, buku ini nggak cocok buat yang asing banget baik dengan IPS maupun pelajaran TKPA. Why? Menurut gua materi yang ada di buku ini tuh hanya berupa review untuk kembali mengingat-ingat pelajaran tsb. Setelah tau bahwa SBMPTN mewajibkan banget untuk para pejuangnya mengerti concept of everything (ini juga tau karena Zenius haha, gua bakal kasi tau ntar)only having this book won't really help sih buat yang benar-benar masih asing ya sekali lagi;). Buat kelompok lintas jalur seperti gua, menurut gua nggak bisa berharap lebih untuk ngerti konsep hanya melalui buku ini. 


Jadi, for me,  buku ini cocok untuk latihan soal + review materi aja. Oh ya, buku itu juga dilengkapi dengan CD (bukan cawed) untuk latihan soal dengan sistem komputer. 

Beberapa hari setelah resmi menjadi pemilik buku itu, gua mulai dengan belajar TKPA bagian TPA, lalu lanjut belajar bahasa Inggris. 

Untuk beberapa hari, gua lalui hari-hari gua dengan baca materi, lalu latihan soal. Begitu terus dan itu pun masih stuck di TKPA :( sampai akhirnya...

I Met Zenius
Suatu hari, sekolah gua mendapat sosialisasi dari suatu bimbel online, biasalah menjelang UN dan SBMPTN. Gua tertarik, ada diskon pula ternyata (dengan waktu yang dibatasi), akhirnya gua putuskan untuk beli paket SBMPTN itu. Tapi, nggak langsung gua beli sih selesai sosialisasi. Setelah diskon pun harganya masih mahal menurut gua, gua pun mencoba mencari bimbel SBMPTN online yang lain. Entah gimana gua benar-benar lupa, gua ketemu Zenius Education. 

Gua sebelumnya pernah ngeblog tentang dampak fixed and growth mindset, nah, gua tau Zenius dari artikel itu dan tau Zenius sebatas blognya aja. Gua tonton satu videonya, pelajaran sosiologi, asli menarik banget. Gua klik video selanjutnya, ya kagak bisa lah karena gua belum jadi member Zenius. Gua  pun sign up karena dengan  sign up video yang dapat ditonton jadi lebih banyak (nggak semua video).  Gua tonton video lainnya, fix gua suka banget, dan keesokan harinya gua ke Indomaret buat beli voucher Zenius yang tiga bulan dengan harga 220.000. 


Kenapa akhirnya pilih Zenius? Pertama, gua suka gaya pengajaran Zenius yang menggunakan bahasa sehari-hari, nggak formal kayak di kelas. Makeknya "lo gua", gua jadi merasa diajari sama teman sendiri deh sehingga berasa kayak ngobrol biasa. Kedua, prinsip pembelajaran Zenius itu KONSEP. Maksudnya gimana? Di Zenius lo bakal diajari bahwa semua pelajaran nggak butuh hapalan, semua pelajaran harus elo ngertiin banget dari DASAR, yaitu konsep itu sendiri. Di Zenius lo KAGAK BAKAL dikasi singkatan buat ngapal, cara cepat, rumus cepat, dan kawan-kawannya. Loh, jelek dong berarti? Kita kan ujian dituntut untuk jawab dengan cepat? Poin dari lo belajar dengan memahami betul konsepnya adalah mau gimana pun soalnya, lo nggak butuh inget-inget lagi "ini soal pakek rumus cepat yang  mana ya?" "soal yang ini cara nyelesainnya gimana ya?". Bakal lebih mantap lagi kan kalau elo ujian nggak perlu menghapal tipe soal, tapi benar-benar menguasai konsep tsb;). Jadi, untuk ujian nanti walaupun dengan waktu yang dibatasi, percayalah bakal lebih enteng rasanya dengan memahami betul konsepnya, dengan catatan elo juga rajin latihan soal untuk tau seberapa jauh lo ngerti konsep tsb. 


Jangan salah paham juga ya untuk beberapa istilah tertentu ya harus dihapal dong, tapi dengan elo rajin latihan soal pasti lebih nempel di otak kok tanpa perlu menyediakan waktu khusus buat ngapal doang. Lanjut lagi ya, ketiga, setiap pelajaran ada soal-soal dari berbagai tahun, bisa diprint juga, lengkap dengan video pembahasannya. Enak banget rasanya latihan soal dan jawabannya dijelasin langsung begitu melalui video. 

Itulah alasan kenapa gue pilih dan love banget sama Zenius. Oh ya, video Zenius nggak menampilkan wajah para tutornya alias Zenius hanya menggunakan suara+tulisan dari tutornya aja. Menurut gua, sama aja kok mau muka tutorya keliatan atau nggak, materinya tetap masuk ke otak, walaupun penasaran juga muka para tutornya gimana :v.

Tapi, tetap ada dong ya kekurangan dari Zenius, menurut gua, yang pertama beberapa audionya "kresek-kresek". Pas gua menggunakan earphone mengganggu banget, beberapa penjelasanya jadi ketinggalan dan kuping gua lumayan kesakitan. Yang kedua masih soal audio, kadang volumenya kecil, pas gua set lebih tinggi volumenya, beberapa saat volumenya malah meninggi sendiri . Ya pas nggak menggunakan earphone sih nggak masalah, pas menggunakannya... :) Perih Zen kuping gua :').  Yang terakhir, penjelasan pelajaran geografi yang masih kurang banget dibandingan pelajaran lainnya di Zenius. Beberapa materi untungnya udah diganti tutornya dan it makes geografi better. Tapi, sebagian besar materi geografi masih dijelaskan oleh tutor yang lama. Jujur, hanya bagian geografi yang mengecewakan gua *ea. Guenya aja yang bego atau gimana begitulah yang gua rasakan; nggak dapat konsep geografi. Alhasil untuk beberapa materi gua terpaksa ngapal :'). Gua percaya sih Zenius bakal lebih baik dari sebelumnya, astungkara. 


Setelah kenal dan menggunakan Zenius beberapa hari, manfaatnya luar biasa untuk kesehatan otak gua. Lanjut, gua lalu


Kenal buku SKS

Gua berterimakasih banget sama Indi karena udah ngenalin gua buku kecil ajaib ini. Isinya memang bukan konsep materi, tapi benar-benar ringkasan se-ringkas-ringkasnya. Sesuai dengan judul bukunya, SKS, ini buku memang pas banget buat dibaca kalau pengen review materi dengan cepat. Beberapa materi juga nggak gua dapat di Zenius, buku SKS came to the rescue. 




Setelah gua jelasin teman-teman gua dalam berjuang di SBMPTN, let's take a look at my way studying with them for the past 5 months, kali aja cara-cara gua menambah wawasan elo dalam menyusun strategi lolos masuk PTN dengan waktu perisapan yang singkat.

1. Mulai dari materi yang gua suka. Materi IPS itu buanyak banget, cara gua dalam menentukan gua mulai belajar dari mana adalah dengan mimilih pelajaran mana yang gua suka. Seenggaknya, pelajaran mana yang menarik buat gua dan gua tau paluang gua untuk menjawab pelajaran tsb besar. 


Di IPS ada sosiologi, ekonomi, sejarah, dan ekonomi kan, untuk gambaran umum setiap pelajaran gua udah tau. Gua pilih sosiologi untuk dipelajari pertama karena dari gambaran umum gua sosiologi itu pelajaran tentang "manusia" yangmana gua tertarik buat melajarinnya + nggak ada hitung-hitungannya haha. Di Zenius juga materi sosiologi yang paling sedikit, fix deh gua pelajari sosiologi dulu. The best deh tutor sosiologi benar-benar santai tapi ngena konsep, melajarinnya jadi nggak makan waktu banyak untuk ngertiin banget sosiologi. 


Gua menaruh matematika di list terakhir. Udah sempat melajarin beberapa sih, tapi gua udah keburu nggak pede aja dengan waktu sedikit persiapan gua bakal berguna di SBMPTN. Jadi, untuk TKPA, gua maksimalin di soal TPA (terutama bagian logika, verbal, analitik, dan pola gambar) bahasa Indo dan Ing. 

Jadi, untuk menentukkan mau belajar dari mana, saran gua, pelajari dulu yang elo suka dan yang elo yakin peluang elo dalam mengumpulkan poin di SBMPTN gede.



2. Nonton video Zenius, catat, baca bentar, jawab soal. Begitulah siklus gua belajar dengan Zenius. Membuat catatan sendiri memang udah jadi cara gua belajar dari jaman SD, bedanya sama sekarang sih yang gua catat konsep demi konsep;). Setiap pelajaran gua bedain bukunya biar gua nyaman belajarnya dan gua senang banget punya buku onjoe-onjoe seperti ini:


Untuk mengejar hampir semua materi, gua bela-belain bangun jam lima/enam (setelah itu jam tujuh  :V) pagi buat dengerin ocehan para tutor Zenius. Bangun pagi untuk denger ocehan para tutor Zenius tentunya lumayan bikin lemes ya, jadi sebelum mulai belajar gua dengerin lagu dulu, biar semangat, lagunya ya bukan lagu galau-galau pengantar tangisan lah. Setiap diajak pergi sama keluraga untuk ngemall, gua selalu bawa buku catatan dan earphone, gua mojok di suatu mall sambil nonton video Zenius. Nggak semua pelajaran gua habisin materinya, contohnya sejarah gua relakan satu bab. Kok berani? Dengan waktu seadanya, gua usahain di pelajaran lain dengan lebih maksimal. Matematika juga apa kabar tuh gua:). Makanya, di pelajaran lain gua lebih ekstra persiapannya untuk menutupi nilai-nilai telur babi di pelajaran yang gua nggak maksimalkan. 



Latihan soal itu super duper penting. Percuma dong kalau modal catatan doang tapi nggak diimbangi dengan latihan soal yang rajin. Untungnya, di Zenius setiap habis suatu materi bakal ada soal latihan materi itu sendiri. Belajarnya pun jadi rapi, nggak langsung "makan" soal SBMPTN asli. Sedikit demi sedikit tapi pasti. Setelah semua materi di suatau pelajaran habis baru deh gua makan tu soal-soal SBMPTN asli. Ini lemari gua full sama kertas-kertas soal Zenius nih sekarang :'v. 

Si buku SKS juga berperan besar kalau gua lagi males baca tulisan gua sendiri hehe. Tinggal buka, baca dikit, langsung ketemu poin yang dicari. 

3. Tau prioritas. Di semester dua kelas 12, tau sendiri kan berbagai ujian sudah menunggu. Hal ini tentu merupakan "godaan" bagi gua dan pejuang SBMPTN lainnya, terutama yang lintas jurusan. Sekolah dan teman-teman bakal lebih heboh mengenai kedatangan Ujian Praktik, USBN, dan UN, dibandingkan SBMPTN. Kebanyakan teman gua memilih untuk mempersiapkan UN dulu, baru deh SBMPTN. Iya itu mereka, tapi gua memilih SBMPTN. Di titik ini gua benar-benar dituntut untuk sadar yang mana yang perlu gua prioritaskan. Prioritas gua adalah kuliah di PTN, tentunya gua harus tetap fokus dengan SBMPTN.


Ujian Praktik gua belajar h-3, USBN h-3 atau 2, UN h-4, itu kira-kira sih hehe. Yang pasti semua ujian tersebut gua persiapkan dalam waktu kurang dari seminggu. Di bulan Desember gua udah belajar dikit sih untuk UN, dengan buku kampret yang gua ceritain tadi, nggak ada yang masuk otak.

Gua memang sempet stres dikejar-kejar sama ujian-ujian tsb, ditambah gua harus tetap belajar IPS. Tapi, setelah dipikir-pikir, nilai Ujian Praktik, USBN, dan UN nggak bisa gua gunakan sebagai tiket masuk PTN. Nilai-nilai itu cuma bakal jadi angka di ijazah gua doang, kan? Jadilah gua belajar dengan menghapal, demi nilai yang nggak hancur-hancur banget. Memang nggak banget buat dicontoh, salah gua juga dari kelas 10 nggak pernah serius belajar (sebelum ketemu Zenius), jadinya gua lebih bisa menerima diri gua yang ijazahnya bakal hancur-hancuran hehe, di blog Zenius juga udah pernah dibahas tentang memprioritaskan SBMPTN dibandingkan UN. Artikel itu juga yang ngebuat gua jadi lebih yakin untuk memprioritaskan SBMPTN di atas semua ujian.

Gua mau ingetin nih, nilai UN bukan berarti 100% nggak berguna loh dalam mencari sekolah, ada kok beberapa universitas swasta yang memberi kesempatan buat calonnya menggunakan nilai UN sebagai tiket masuk dan kalau nggak salah, beberapa sekolah ikatan dinas juga mengharuskan nilai UN calonnya di atas 70, (buat yang gagal di tahun angkatannya dan ingin mencoba lagi tahun depan). Jadi, pastiin dulu sekolah yang elo incar mengharuskan nilai UN elo aman atau kagak, juga ujian-ujian lainnya. Berhubung sekolah yang gua incar nggak mengharuskan gua menjaga nilai UN gua, so personally it was not important for me. 


Mau ingetin lagi, memprioritaskan SBMPTN bukan berarti gua nggak belajar buat ujian lainnya ya. Belajar sih cuma waktunya yang sangat gua persingkat, dan disela-sela belajar buat ujian tsb gua sempatin buat belajar IPS.


Lain cerita buat yang nyari gengsi di nilai UN haha. Kawan-kawan, kalau pertimbangan elo memprioritaskan UN karena MALU nilai hancur, coba deh pikirin manfaat material yang benar-benar akan elo dapatin kalau elo memprioritaskan SBMPTN, ya jelas manfaat materialnya elo dapat PTN. Yakin mau mengurangi kesempatan elo buat masuk PTN demi keegeoisan elo doang? Gua mah kagak. 


Seperti yang gua bilang di atas, gua sempat stres dengan segala macam ujian ditambah persiapan gua yang luar biasa hancurnya, ini cuplikan isi otak gua waktu itu






4. Ikut tryout. Menjelang SBMPTN gua tiba-tiba jadi mengoleksi tiket tryout hehe. Tryout ini berguna banget untuk melatih gua dalam menjawab SBMPTN dengan kondisi yang sama banget di SBMPTN yang asli, terutama di masalah waktu. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan gua dalam menjawab soal SBMPTN juga. Tag my tryout parners; Indi, Sayu, and Sade :v. Kalau tryout mandiri di rumah jujur gua agak susah sih, masih banyak distraction.


Itu beberapa cara yang gua lakukan untuk bertahan hidup sebagai anak lintas jurusan;). Selain berjuang dalam belajar, memilih universitas pun harus teliti dan sesuai baik dengan kemampuan maupun persiapan gua.

Kalau disuruh milih doang mah gua mau PTN yang menyediakan prodi psikologi dengan akreditasi A, contohnya UI dan UGM. Tapi, gua juga harus sadar dengan persiapan gua yang mampus ini. Gua pun menargetkan Universitas Udayana dan Universitas Negeri Surabaya (akreditasi B) Kok tau ada peluang dapet disana? Gua kebetulan ikut bimbel GO (yap gua anak GO SBMPTN intensif satu bulan yang nggak serius belajar disana dan lebih milih dengerin bang Sabda ngoceh tentang GDP haha), nah gua dapat buku Prediksi Passing Grade PTN Jalur SBMPTN 2018. 

Dengan memperkirakan persiapan dan kemampuan gua bakal melewati passing grade yang mana (tentunya harus rajin latihan soal biar tau hal ini) dua universitas tsb menjadi sasaran gua. 



Selain persiapan di atas, salah satu faktor penting dalam persiapan SBMPTN adalah MOTIVASI. Di awal-awal belajar gua sempat ketiduran, saudara-saudara. Itu juga karena belajarnya di tempat tidur sih, sejak saat itu gua selalu belajar di meja belajar. Motivasi harus diperkuat, rajin baca pengalaman "mereka" yang gagal SBMPTN juga gua lakukan sehingga gua makin ARGH belajarnya karena persaingan yang seketat cawed + belajar dari pengalaman "mereka" yang gagal move on di SBMPTN;). 

Duh hampir lupa, gua tambah lagi satu hal yang bikin gua fokus belajar: menghapus sosmed, terutama Instagram. Itu juga gua lakukan karena kuota gua kebuang buat ig-an dan bikin memori agak penuh, demi bisa nonton Zenius, gua hapus aja sekalian si ig itu. Awalnya memang susah, biasanya kalau lagi bengong terus megang hape otomatis ke ig, tapi lama-kelamaan terbiasa kok hidup tanpa ig.

Dukungan orang terdekat juga merupakan sumber energi gua buat belajar, my parents, Indi, and Adit. Pastiin ya pacar elo mendukung dan mengerti tentang impian yang sedang elo kejar;), thank's to Adit  lagi deh :v.
------------------------------ -------------------------- ------------------------------ ---------------------------------


H-1 SBMPTN

Lokasi tes gua itu di Singaraja, di Universitas Pendidikan Ganesha tepatnya, yangmana membutuhkan sekitar tiga jam dari rumah gua. Gua pun tentunya memilih untuk menginap di rumah sepupu gua disana, Risma, teman gua, juga ikut numpang tidur disana. 


partner sbm gua, Risma <3.

Nyampe disana kita langsung cek lokasi, kita seruangan, gua duduk paling belakang dan dia paling depan :v. Kagak ngaruh sih, ya memangnya masih sempat nyontek?

Persiapin alat tulis (gua bawa kotak pensil), papan, kartu peserta, dan SKL. Kampretnya, gua lupa bawa sikat gigi. Jadilah gua kagak sikat gigi:).

Malemnya kita belajar dikit, walaupun nggak disarankan ya mendingan H-1 persiapin kesehatan dan mental aja, tapi tetap kita lakukan. Gua takut:). Tesnya jam 11, kita tidur jam 11 juga :v.

THE DAY

Bangun pagi dengan keadaan psikis yang nggak bisa gua jelasin, mandi, sarapan, cus ke medan perang. Oh ya, bapak gua udah beliin sikat gigi.

Ntainya, sampai di lokasi gua mules. Asli mules luar biasa. Ini pasti karena sarapan yang gua makan isi sambelnya:). Dengan iklas gua numpang naroh eek di kampus itu. Untungnya masih semimencret, bukan yang mencret semencret-mencretnya:). Pesan PENTING dari gua: sarapan yang aman-aman aja. 

Sembari menunggu jam perang, gua nonton video Zenius:). Sok banget ya ni bocah, ya seenggaknya waktu menunggu gua nggak terbuang sia-sia dengan bengong. Gua juga bawa buku SKS yang akhirnya cuma jadi penghias tas gua doang. 

Jam 11, tes pun dimulai. Berdoa dulu, tarik napas, huh.

Tes TKPA: dari sebelumnya gua udah latihan untuk jawab masing-masing pelajaran tiga-tiga dulu (kecuali matdas, gua lompatin langsung). Lumayan membantu gua sih walaupun harus bolak-balik kertas, yang penting setiap pelajaran gua yakinin biar ada poinnya. Benar-benar 105 menit tersingkat seumur hidup gua:). Lagi berapi-api jawab soal B. Inggris, pengawas memberi tau waktu yang tersisa. Ok, gua panik. Gua skimming, lalu jawab dengan modal "kayaknya". Bahkan, di beberapa soal gua harus ulang terussss bacanya kagak ngerti gila kagak ada yang ketranslit di otak:)). Pas waktu habis, gua pengen teriak dan nangis, tapi untungnya gua masih sadar. Btw, kolom jawaban matdas gua bersih (KOSONG) :).

Lanjut tes TKD: gua jawab semua. Kayaknya : v. Untuk TKD gua banyak stuck di geografi. Di ekonomi gua lupa banget sama satu materi:( itu nyesek banget parah. Selesai tes, gua cek catatan ekonomi, jawaban yang benar ternyata yang NYARIS gua jawab, gua nangis. :). Sakit banget. Itu baru satu soal, gua pun kapok meriksa jawaban lainnya, serakhkan padaNya aja.


3 JULI 2018

Tanggal ini tanggal yang gua tunggu-tunggu tapi yang nggak gua harapkan untuk datang juga. Persiapan selama lima bulan, belajar IPS dari awal banget, digodain ujian-ujian lainnya, gua sempat nggak doyan makan, dan gua jarang merawat diri sendiri (kagak sisiran), biasanya peduli dengan penampilan, tapi selama lima bulan itu gua kagak pernah begituan lagi :).



Hasilnya:










Puji Tuhan lolos. Thankyou teman-teman belajar gua.

Makasih juga Adit, udah kebal dengan kesetresan gua.

Tentunya thankyou buat ortu gua yang pede anaknya bakal keterima.
<3.
I am so grateful

Begitulah awal mula menuju PTN, panjang juga ini post macam cerpen. Semoga kedepannya selalu dilancarkan astungkara.

bhy, hlavya.


ps: nilai UN matem gua 40;).

Comments

  1. Ini blog yang relateable banget! Makasih sudah share pengalamannya ya!
    Jadi makin semangat!

    ReplyDelete
  2. Thank you for letting know that my absurd writing gives you power! It means a lot. Aku juga ada pengalaman tes lain yang bisa kamu baca di blogku ini. Anyway, SEMANGAT TERUS YA BUAT UJIAN2NYA��❤️

    ReplyDelete
  3. Satu lagi, Kak. Kurang Wangsit SBMPTN awkwkwkwk. Mantap lulus, mungkin jalannya memang Psikologi, bukan MKH STPNB he... he...

    ReplyDelete
  4. Hai! Sumpah cerita lo memotivasi banget, Kak! Mau nanya deh, paket zenius yang lo ambil yang untuk SMA atau SBMPTN ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Glad to know that, ttp semangat terus ya!😊 kalo beli paket di zenius langsung bisa akses semuanya kok bahkan dari pelajaran SD, jadi ngga ada paket sbmptn dan paket SMA karena emang semuanya jadi satu

      Delete
  5. wah gilak si, aku emg berencana tempur lintas jurusan pake senjatanya kakak si zen sama sks. Ini juga udh mulai cari2 info dan mau beli bukunya. Mau nyiapin sbm dr skrg semoga tahun depan bs dpt ptn aamiin. Bcs ini ada desas desus yang bikin aku drop katanya sbm angkatanku itu mau diajuin. Emg si menteri kagak mikirin yang lintas jurusan apa kan jadi ketar ketir.
    btw tq kak cerita lo inspire me

    ReplyDelete
  6. wah gilak si, aku emg berencana tempur lintas jurusan pake senjatanya kakak si zen sama sks. Ini juga udh mulai cari2 info dan mau beli bukunya. Mau nyiapin sbm dr skrg semoga tahun depan bs dpt ptn aamiin. Bcs ini ada desas desus yang bikin aku drop katanya sbm angkatanku itu mau diajuin. Emg si menteri kagak mikirin yang lintas jurusan apa kan jadi ketar ketir.
    btw tq kak cerita lo inspire me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bagus dong udah persiapan dari sekrang! semangat dan semoga dapat jurusan dan kampus yang diidamkan ya!


      Delete
  7. Thank you bgt udh sharing pengalamannya, bulan april nnti aku ikut UTBK, doain aku ya kak, semoga lolos sbmptn dan bisa jadi maba UNUD. Oh ya satu lagi, kalau boleh tau nih.. skor UTBK kk berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat UTBKnya! semoga hasilnya sesuai dgn apa yg diimpikan ya. Di tahun 2018, hasil UTBK nggak diumumin yah, jadi angkatan dulu pada nggak tau hasil UTBKnya

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. wahh thank you bgt pengalamannya kakk, aku juga ngincer psikologi nya unud:( masih tahun depan sih cuma takut karna aku linjur juga persis kaya kakak:) semoga aku bisa lolos dan jadi maba unud di psikologi nya, doain ya kakkk hehehe artikel ini bener2 bantu aku bgt bisa yakin! once again thank you so much kakk<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! wah calon anak psikologi unud jugaa, semoga kita bisa ketemu ya nanti. Semangat222, keren bgt udh persiapan dari sekarang ^^

      Delete
  10. Thanks banget kak pengalamannya, menambah motivasi buat lintas jurusan nihh.. Aku juga mau lintas jurusan nih kak, walaupun masih tahun depan sih hehehe.. Oiya kak, aku mau tanya nih, kakak belajar via zeniusnya itu dari mapel ips kelas 10 gitu kak? Mohon jawabannya kak, dan terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Maaf ya komennya baru terbaca :D Aku belajar via zenius dari materi khusus SBMPTN yaa, jadi nggak dari mapel ips kelas 10. Semangat ya belajarnya, semoga jurusan yang diimpikan bisa didapatkan yaa!

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Makasih kak untuk Ceritanya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!! Makasih udah mampir dan baca ceritaku:D

      Delete
  13. hei i just found this in my confusing time. sebagai anak kelas 12 yang kebetulan linjur juga, serasa ada temen yang ceritain. thankyou banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul, dulu aku juga merasakan masa2 kebingungan di kelas 12 :"D thankyou udah mampir dan baca ceritaku ya, semangatt!!!

      Delete
  14. Entah kenapa blog ini relate banget sama gw, mulai dari kekecewaan dengan tutor Geografi di Zenius sampe kisah intim dengan buku SKS yang super ngebantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hii maaf baru lihat komennya, thanks udah mampir yaa! Ternyata nggak sendiri ngalamin hal itu heheheh :))

      Delete
  15. Hay kak, aku juga mau lintas jurusan seperti kakak untuk masuk ke PTN tahun depan In Syaa Allah. Nah, aku rencananya sudab mau mempersiapkan diri dari semester satu ini. Apakah dengan mempersiapkan dari sekarang, peluang SNMPTM untuk lintas jurusan ke soshum Fakultas Psikologi bisa menjadi agak lebih besar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Maaf baru lihat komennya. Kalau soal peluang SNMPTN, aku kurang tau yaa karena urusan itu banyak faktornya juga. Menurutku bagus udah persiapin diri dari sekarang untuk jalur SNMPTN, tapi inget persiapin diri juga buat SBMPTN (UTBK) apalagi lintas jurusan. Dari pengalaman temen-temenku juga, sedikit yg lintas jurusan bisa tembus SNMPTN (again, banyak faktor yang aku sendiri juga nggak tau). Semangat yaa, semoga mendapatkan yg terbaik ;)

      Delete
  16. AAKK THANK U FOR SHARING
    ini aku ikutan deg degan bacanya yg pas mau ujian. lagi 1 bulan huhu nyari psikologi unud juga. doain yaah, oiya, btw ada rekap nilai kemarin pas lolos ngga? buat perbandingan sama nilai try out kalo boleh, thank you <3

    ReplyDelete

Post a Comment