Pernah Alay

Hai halo hai haloo, into this blog yes gua bakal ngebahas mengenai suatu fenomena atau keadaan yang sebagian besar ‘remaja’ masa kini pernah mengalaminya, which is alay.  Sumpah ya ini lagi libur gaada kerjaan banget lalu gue bengong dan memikirkan dosa-dosa gue dulu, and one of which is kealayan gue ‘dulu’.  DULU yaaa DULU. Mungkin sekarang masih tapi kadarnya berkurang lah yaa. But first, does anyone know what does alay actually mean? And why this word is so most-used yet us actually don’t know whats the meaning? And when is acutually the time this word appear on our kamus? Ok gue gaktau. Dan jujur aja gue penasaran, so gue nyari ‘alay’ di gugel. Bego gak? Iyalah bego. Gue sebagai bocah yang lahir pada tgl 25 okt thun 2000(kode neeh kodeeee) termasuk sering melontarkan kata alay dan gue akui gue ‘pernah’ alay. PERNAH. Kapok gue alay. Tapi begonya gue sampek skrng belum tau makna kata alay yg sesungguhnya.

Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan"atau "anak lebay". Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan (lebay) dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Dalam gaya bicara, mereka berbicara dengan intonasi dan gaya yang berlebihan. Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon. –wikipedia.

That’s wht I got from Wikipedia, hmm its helpin enough. Omg, hidup norak dan kampungan? :”) sehina itukahhhhh :””))).  But that’s definitely right. Yaudah segitu aj post gue bye.








Belom slese kampret.


Menurut gue si, alay merupakan proses menuju remaja. Yaken? Ngaku aj dulu ahj dulu sebelum menjadi remaja yg sesungguhnya a.k.a masih setengah mateng, dapet aja ngesms (belom ada bbm,line,dll) ngebuat kalimat dengan menyelipkan angka di dalamnya. KENAPAAA? Buat apa woi. Gue jg dulu PERNAH kek gitu dan semakin beranjak remaja gue semakin sadar.

Alay gue di setiap fase perkembangan gue jg beda2, alay bgt kan. Mulai dari esde sampek skrng alay gue berbeda2, dan ini kegiatan alay gue yg gue lakukan DULU;

1.     Alay jaman esde
Kegiatan alay jaman esde gue dulu yaitu, menggunakan bahasa2 alay di sms. Seperti, menyelipkan angka di beberapa kata, menggunakan huruf besar maupun kecil di beberapa kata. Dulu belum main sosmed, dan gue bersyukur waktu jaman gue esde dulu gue belum bersentuhan dgn sosmed, bayangin aja gue bakal buat setiap username gue dgn angka :).
Sebenernya gue DULU kek gitu jg karna ikut2an temen doang kok. Mungkin dulu bisa dblg kalo makek bahasa2 alay gitu termasuk anak gaul. Alay bgt parah.

2.     Alay jaman esempe
Yaitu, berfoto. Saat selfie. Anj tai babi. Gue aja malu ngetiknya dan mengakuinya. Iya gue dulu PERNAH poto dgn gaya yg !@#$%^^&*. Gaya apaan tu? Yg kek gini nih










Kenapa? kagak ada potonya yak? yalah gue malu bego. Masa gue ngumbar2 kealayan jaman dulu yang udah mulai terlupakan :)

Oke lanjut,
Plus filter2 kampretus. Waktu gue jaman esempe dulu, tahun 2013-2014, itu lagi booming bgt cam360 di kalangan cewek, gaktau kalo di kalangan cowok. Semenjak aplikasi tersebut lahir ke dunia, gue tambah alay. Dan filter yg paling sering digunakan, sexy lips. Gue gak ngerti apa yg spesial dari filter tersebut padahal ini filter kampret cmn buat bibir kita berwarna oren dan muke kita berwarna biru. Yg sebenernya kagak enak dipandang. Kalo sekarang syukurlah gue gakpunya dan gakpernah makek aplikasi buat selfie, gue makek kamera biasa.
Gue waktu esde alaynya cmn sebatas makek bahasa2 alay di sms aja. Kalo selfie waktu esde jarang banget dan sekalinya selfie normal2 aja. Karna belum jamannya aja kalik ya. Esde gue makek hape nokia yg bisa dblg kamernya burem gakjelas :v. Dan gue jg pernah makek hape LG yg kameranya jg sama masih burem jadi kalo selfie jarang.
Selain kegiatan foto, gue jg alay di sosmed. Gue waktu esempe aktif bgt di facebook. Saking aktifnya gue selalu mengapdet status mengenai SEMUA HAL yg gue alami waktu itu :). Syukurnya gue udh gak makek gaya bahasa yg alay, cmn isinya yg menjijikan :). Kalo gue ngestalk facebook gue sendiri, rasanya gue pengen nabokin diri gue sendiri. Tapi status gue bukan yg mengenai kegitan yg spesifik jg kek makan, mandi, ataupun ngengek. Lebih ke hal2 yg gue alami kek ulangan yg susah, ada temen yg gue anggap kampret, tapi bener2 menceritakannya secara detail. Dan udah pernah gue hapus status2 tersebut demi kenyamanan dan keamanan diri gue. Karna gue bener2 gak sanggup ngeliatnya, apalgi facebook sekarang ada fitur sejenis flashback gitu “you have memories to look back on today” jadi lebih gampang ngehapusnya tanpa harus ngestalk facebook sendiri.
Untungnya kegiatan2 alay tersebut berhenti saat gue kelas 3 esempe. Untungnya gue cepet sadar dan tobat. Sangat bersyukyur, gue gakmau menghabiskan masa esempe gue dgn beralay ria selama 3 tahun.

3.     Alay jaman esema (?)
Hmmm. Bahasa alay? Udah gakpernah lagi. Potoan gaya alay? Sering dilakukan tapi emng disengaja dan tidak ada unsur merasa “cantik” ataupun “imut” saat melakukannya. Dan kalo dilihat hasil potonya, kesannya biasa aja. Bedanya potoan saat esempe, yaitu ada unsur memaksakan diri agar terlihat “cantik” dan “imut” PADAHAL GAK SAMA SEKALI. Apdet status gakjelas? Tidak lagi. tapi gue share masalah gue di blog, itupun bukan berupa sindirian dan memang tidak bermaksud menyindir pihak manapun. Tapi gue lebih ngeshare ttg cara gue mengatasinya dan cara gue melepaskan beban mental dlm diri gue. Bedanya pas gue esempe, gue buat status yg berlandaskan utk menyindir. Tau bedanya kan ya. Potoan dgn  filter2 kampret? Tidak. Semenjak gue tobat tepatnya saat kelas 3 esempe, gue gak pernah lagi potoan dgn filter2 kampret tersebut. Terus apa ya?

Gue emng masih alay, tapi gue cmn belum sadar aja si keknya. Ya kita emng gak sadar kalo kita ngelakuin kegiatan alay. Kek dulu waktu esde dan esempe, gue gak sadar kalo apa yg gue lakuin itu alay. Mungkin nanti saat gue udh lulus atau kuliah, gue bisa melihat mana kegiatan gue yg alay saat esema.



Segitu aja ttg pengakuan gue kalo gue PERNAH alay. Kalopun sampek srkng masih alay, gue belum menyadarinya. 

Teruntuk kalian yg (masih) melakukan kegiatan di atas, siapkan mental di masa depan, ya:). Percayalah itu mengerikan untuk dikenang, tapi lucu juga buat ngetawain diri sendiri.
Sekian, bhy Hlavya.

Comments

Post a Comment