Lipstick Allergic - Just Miss Lip colour lipstick (lipstick stroberi)

Hai. Ini kejadian udah lumayan lama banget, alergi lipstik, tapi gaada salahnya buat dipost skrng hehe.

This might be weird for u but yes I (sometimes) love to wear lipstick. Ya gue masih termasuk kategori perempuan jadi wajar aja kan ya(?). But I usually only wear lipstick if I want to. I mean not everyday or every time I would wear lipstick bcs kadang membuat risih. Dan lengket. So I prefer to use lipbalm or liptint for my daily activity. Or sometimes I would use honey for moisturizing my lips.
Before I go to talk about my allergic to lipstick, actually, I have never thought that I could allergic to lipstick. I have allergic to egg and milk. I have never experienced any allergic on chemical thing. And it really surprised me.

I love to use La girl, nyx, colorpop, Maybelline,  and make up forever. Actually I already got a bunch of lipstick, but I was still curious to some lipstick. And it was a lipstick from stroberi. It only costs 17K. or 7K? Im not sure. I watched a youtuber does a makeup tutorial using this stroberi lipstick. It looks good on her bcs that nude color looks so natural. And it made me curious to try some. I was a very stupid human who never thought why is this lipstick is so cheap? What does it contains of? Tanpa basa basi, gue langsung mengoleskan seekor lipstick tersebut ke pantat bibir gue, dan hasilnya ya mayan lah dgn harga segitu. Tapi gue langsung hapus krn ngrasa gak enak di bibir. Gue bnr2 cmn makek ntu lipstick kampret gaada 5 menit. Gue langsung hapus dan udah gitu aja. Gue blm merasakan apapun sampek sorenya, ada sesuatu di bibir gue yg menyerupai sariawan. Ok at first I just thought that it was only sariawan biasa. Jadi gue diemin aja. Gue udh merasa janggal gitu si karna seumur2 gue kagak prnh kena sariawan tanpa alas an yg jelas, plingn krn kegigit atau kena sikat gigi. Keesokan harinya ini sariawan jadi2an makin menjadi2. Sungguh perih. Sangat. Sangat. Perih. Gue melihat cermin dan gue tersadar, ini bukan sariawan. Ini alergi. Tapi gue msh blm yakin jg. Krn pas gue cerita ke ibu gue, ibu gue blg ini cmn sariawan biasa dan bakal sembuh dgn sendirina. Tapi gue bersikeras ini pasti alergi krn gue sama skali gakprnh sariawan tanpa penyebab yg jelas. Jadi oke, gue msh beranggapan ini sariawan.

Krn gue msh mikir itu sariawan jadi gue pakek obat sariawan aja. Malam harinya gue merasakan bibir gue agak bengkak dan gue baru tersadar, ini pasti alergi. Dan begonya, gue sama sekali gak kepikiran kalo ini alergi lipstick. Gue dgn bego menghabiskan waktu utk berpikir, gue dpt makan apaan ya. Gue dpt makan telor? Minum susu? Kalopun iya, gue sama sekali gakprnh ngerasain alergi di bibir. Jadi gue msh sante aja dan mikir pling bsk jg hilang. Dan ternyata tidak. At 3 am, I felt my lips sangat perih. Lalu gue bangun dan…. WTF. Bibir gue bengkak. Dan saat itu jg otak gue akhirnya tersadar bahwa ini alergi lipstick. Nais. Tanpa membuang waktu gue lngsung search info ttg alergi lipstick di bibir. Krn itu msh jam 3 pagi dan (sialnya)  msh hari sekolah, jadi gak memungkinkan kalo gue bakal ke dokter kulit. Jadi gue search cara penanganannya aja. Yg pertama: gue kompres dgn air hangat. Mksdnya air panas. Rasanya enak banget. Rasa gatelnya ilang. Iya, gatal. Bukan perih lagi tapi gatal :). Bayangken itu alergi di bibir. Menyiksa. Setelah gue kompres selama…. Gue lupa. Yg psti itu memakan waktu sangat lama agar bibir gue kembali ke ukuran normal, seenggaknya buat ke skolah aja, lebih dari 1 jam. Itu lumayan membuat gue stress di saat sehrsya gue msh berselimut ria. Kedua: gue olesin madu. Bibir gue warnanya bnr2 merah, jdi gue berasa makek lipbalm. Tapi rasanya bibir gue keriiiiing bgt. Rasanya gue slalu pngen minum air. Setelah gue merasa bibir gue (agak) baikan, gue ke skolah. Dan ya bibir gue kering bgt. Susah bgt rasanya buat ngomong. Gue jg merasakan bibir gue bakal bengkak lagi. Untungnya, sekolah wktu itu cmn pembersihan jadi jam 10 udh plg. Sesampainya di rmh, gue lngsung ceritain mslh ini ke ibu gue, dan ibu gue baru percaya. :”””””). Gue udh mintak buat dibawa ke dokter kulit, tapi ibu gue msh percaya itu bs ditanganin di rmh. Sungguh argh :))). Jadi yaudah gue nurut2 aja. Gue cmn ngompres bibir gue dgn air panas, dan kumuran pakek air dgn daun sirih. Yea rasanya emng enak bgt dan gatalnya berkurang. Tapi ternyata kekuatan alerginya ini gak mempan dikumur pakek daun sirih. Tapi gue tetep nurut sm ibu gue.

Besoknya jeng jeng. Bibir gue totally bengkak. Gue langsung mintak ibu gue bwt ke doketr kulit aja LIKE PLS LOOK AT UR DAUGHTER’S LIPS. I look like a kylie jenner wanna be. Bedanya cmn ini bibir gaada seksi2nya. Gatal dan perih. Dan ya AKHIRNYA gue ke dokter kulit. Untungnya msh hari libur sekolah. I WAS AT LEAST A LIL BIT LUCKY. Gue seharian makek masker. Yg mengejutkan, ibu gue malah bawa gue ke dokter (kecantikan) kulit :))))))! Karna gue jg dulu prnh kena alergi tapi di bagian leher, dan dibawa kesini dan syukurlah udh ilang. Tapi pls ini di bibir :”). Feeling gue udh gakbakal bisa sembuh kalo dibawa kesini. Gue butuh dokter spesialis kulit. Iya disana dokternya emng spesialis kulit si tapi gua gak yakin. Dan gue benar (lagi). Si dokter enggak buatin gue salep khusus utk bibir krn kurang tau cara menanganinya, jadi gue cm dksi obat minum dan salep alergi umum buat di bibir. Tapi apa yg terjadi? Ya bibir gue makin menjadi2. Utk kedua kalinya, gue ke dokter spesialis kulit. Gue buka masker, dilihat, pasang masker lagi, ditanya pake lipstick apa, dilihat, dan dibuatin obat khusus buat alergi ini dan dksi antibiotik jg. Setelah itu gue langsung makan, makan bubur btw krn gakbisa makan makanan berwujud padat hehe :), dan langsung minum obat dan langsung makek salep. Two words, pahit dan perih. I mean 3 words ya bodoamat. Tapi gue bisa merasakan bibir gue lebih ringan. Dannnn paginya bibir gue mulai menampakkan wujud aslinyaaa :”””). Walopun blm sepenuhnya tapi I felt MUCH WAY better. Dan gue pakek salep dan minum obatnya setiap hari selama 3 hari, wujud asli bibir gue udh kembali. TAPI, bibir gue literally drying. Dan warnanya jauh lbh gelap dari wrn asli bibir gue. Yap ini karna efek obat dan salepnya. TAPI GAK PAPA YG PENTING SOMBONG YG PENTING GUE TERBEBAS DARI ALERGI KAMPRET NTU.

Dan yey setelah 1 minggu, bibir gue udh normal kembali. Huh. Sungguh pengalaman yg kampret. Hanya gara2 lipstick 17/7 ribu. Oke disini gue bukan ngejelek2in lipstick stroberi. Im not saying “don’t buy this product bcs it causes allergic” well, that’s not the problem actually. Setiap org punya kadar sensitif yg berbeda2 terhadap  suatu hal, dan kulit gue emng sangat sensitif. Gue alergi lipstick stroberi bukan brarti org lain jg bakal alergi.

How do we know if we’re allergic to some lipstick? Setelah gue cari2 informasi ttg alergi lipstick, cara agar kita tau kita alergi dgn suatu lipstick atau enggak, kita tinggal olesin lipstick ke bagian tubuh yg sensitif (bukan anu kita), yaitu pergelangan tangan atau bagian leher dekat telinga. Sekali lagi bukan anu kita. Kalau muncul bercak merah dan gatal, u’re allergic to that lipstick and don’t use it on ur lips Gue udh nyobain ngolesin lipstick yg bikin gue alergi ke pergelangan tangan gue dan gatal parah. Jadi hikmah yg gue dpt gara2 kejadian kampret ini adalah ; kagak usah sok2an makek lipstick  Ya I have to be more careful when buying lipstick and I have to test rubbing it on my wrist before rubbing it on my lips. Dan buat para cewek2 ingt ntu pesan moral dri gue. Buat para cowok2 jg gakapa. Mksdnya kalo misal mau beliin ceweknya kado lipstick gitu dicoba dulu elah. Tapi kalo mau makek bwt diri ndiri jg gakapa hehe.
Sekian aja curhat gue, semoga bermanfaat. Semoga. Bhy, hlavya.




 beginilah wujud lipsticknya


Ps: ini post gaada maksud menjelekkan atau menjatuhkan brand/merk apapun, hanya berbagi pengalaman yg kampret :).

Comments

Post a Comment